Search

Selasa, 11 Desember 2012

Melihat Database di Android (Emulator Eclipse) dengan SQLiteManager

 SQLiteManager Plugin untuk Eclipse berfungsi untuk Melihat Database di Android (Emulator) selai itu kita juga bisa melihat file yang ada di dalam database tersebut.

Ketika anda bekerja pada sebuah aplikasi android yang menyimpan data dalam database SQLITE. ada timbul banyak pertanyaan seperti :
- dimana database ini tersimpan di file system ?
- Bagaimana kita bisa mengakses database ?

Karena database yang terbuat saat develop aplikasi Android rata-rata sudah tertanam secara otomatis saat method DatabaseHandler Android berjalan, nah di File Explorer biasa pasti kita gag akan bisa menemukan dimana letak database yang sudah dibuat tersebut.

saya akan memberikan solusi untuk semua masalah ini

Anda dapat melihat database sqlite di Eclipse dengan membuka File Explorer. Lalu
/data/data/package_name/databases
Tetapi di sini kita tidak bisa melihat tabel dan data tabel.
Untuk melihat tabel rincian Eclipse memiliki plugin. Anda dapat men-download jar dari bawah.


download

  • Setelah download file tersebut, masukkan file “jar” tersebut ke dalam direktori dropins yang ada di dalam folder eclipse kalian.
  • Setelah itu restart aplikasi Eclipse kamu. Kemudian setelah restart Eclipse, buka menu Window – Show View – Other …
  • Kemudian pilih (Expand tree) di bagian Android, cari dan pilih component yang bernama File Explorer
  • Setelah window tersebut keluar (biasanya disamping window Logcat), jalankan / debug aplikasi Android kamu agar bisa jalan di Emulator.
  • Setelah emulator berhasil menjalankan program/aplikasimu, kembali ke Eclipse IDE (tapi jangan ditutup Emulatornya), buka window File Explorer tadi, cari folder dengan nama sesuai Pacakge kamu, misalkan com.proyekku.coba.
  • Setelah itu, cari database yang sesuai, pilih / klik database tersebut, maka secara otomatis Window Questoid SQLite Manager akan terbuka disamping File Explorer.
  • Nah, sampai sini, tinggal kamu pilih tabel mana yang kamu pake, disitu kamu bisa Browse seluruh isi tabel yang kamu pilih.



Melihat Database di Android (Emulator Eclipse) dengan SQLiteManager 
Melihat Database di Android (Emulator Eclipse) dengan SQLiteManager
Melihat Database di Android (Emulator Eclipse) dengan SQLiteManager  Sumber : http://www.coderzheaven.com/2011/04/18/sqlitemanager-plugin-for-eclipse/

1 komentar:

  1. assalammualaikum,, sy sudah coba cara itu mba tp gambar yg bentuk tabung itu gk aktif di eclipse sy,, kok bisa ya mba?

    BalasHapus

Jika anda Berminat, Silahkan Tinggalkan Komentar