Search

Rabu, 10 Juli 2013

CARA MENGINSTALL (MEMASANG) AIRCRACK-NG DI UBUNTU 12.04 LTS

PERINGATAN:
1. Panduan ini diujicobakan pada komputer dengan spesifikasi yang mungkin berbeda dengan komputer anda. Jadi jika anda mengikuti panduan ini, penulis tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada komputer anda. Panduan ini tidak menyertakan garansi apapun, jadi keputusan anda menggunakan panduan ini adalah murni kehendak anda sendiri, dan anda bertanggung jawab sendiri sepenuhnya atas hal-hal yang tidak diinginkan jika hal-hal itu terjadi.
2. Panduan ini penulis anjurkan untuk tidak digunakan dalam tujuan tindak kejahatan. Jadi jika anda menggunakan panduan-panduan ini, lalu anda menggunakan untuk tindak kejahatan, anda bertanggung jawab sendiri atas perbuatan anda, dan tidak bisa dikait-kaitkan dengan panduan ini.
PENDAHULUAN
Yang menarik dan yang saya sukai dari sistem atau infrastruktur Ubuntu adalah keberadaan repository atau paket-paket yang akan kita pilih. Ada banyak paket yang sudah jadi, yang anda tinggal memasangnya lewat Ubuntu Software Center, dan ada yang tidak ada di sana.
Memasang paket-paket yang tidak ada di sana, caranya adalah dengan mencarinya di Launchpad, lewat PPA (Personal Package Archive), memasang repositorynya, melakukan update repository, lalu install.
Untuk Aircrack-ng, dulu pernah ada di dalam Ubuntu Software Center, tapi kemudian dihilangkan. Panduan ini menggunakan Ubuntu 12.04 LTS, sehingga saya tidak tahu apakah panduan ini sama berhasilnya jika anda mencobanya pada versi Ubuntu yang anda gunakan.
CARA PEMASANGAN
Saya menggunakan Terminal (Nautilus):
sudo add-apt-repository ppa:aking1012-com/aircrack-precise
sudo apt-get update
sudo apt-get install aircrack-ng
JALANKAN LEWAT TERMINAL
Jika paket Aircrack-ng selesai terpasang, anda tinggal menjalankannya lewat terminal dengan mengetikkan:
aircrack-ng (enter)
dan tampilannya seperti di bawah ini
Screenshot from 2013-05-04 08:21:23
****
Untuk pengguna Ubuntu 13.04, Aircrack-ng sudah bisa dipasang lewat Ubuntu Software Center, jadi anda tidak perlu menggunakan cara pemasangan seperti di atas. Melalui Ubuntu Software Center anda cari di kolom pencarian dengan mengetiknya “aircrack-ng”, lalu dipilih, lalu pilih “install”.
****
Copyright (c) 2013 Nur Arif Hidayatmo
Dokumen ini diletakkan di bawah lisensi http://creativecommons.org CC BY-SA
cc by sa
This license lets others remix, tweak, and build upon your work even for commercial purposes, as long as they credit you and license their new creations under the identical terms. This license is often compared to “copyleft” free and open source software licenses. All new works based on yours will carry the same license, so any derivatives will also allow commercial use. This is the license used by Wikipedia, and is recommended for materials that would benefit from incorporating content from Wikipedia and similarly licensed projects.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda Berminat, Silahkan Tinggalkan Komentar