Search

Selasa, 10 Desember 2013

Koding Program Android Untuk Cek GPS Aktif atau Tidak


     Kadang pada saat kita membuat program aplikasi maps yang menunjukkan lokasi dimana kita berada pada android kita membutuhkan sebuah koding yang berfungsi untuk mengecek GPS sudah aktif atau tidak. Karena salah syarat agar kita dapat mengetahui dimana posisi kita sekarang adalah menggunakan GPS (Global Position System). untuk itu kita perlu mengaktifkan GPS pada perangkat android.

     Pada posting sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara menampilkan map sederhana pada android menggunakan GoogleMap V2. Pada kali ini saya akan memberikan koding program android untuk cek GPS aktif atau tidak,koding yang digunakan juga sangat sederhana, berikut koding dan langkah-langkah yang perlu kita lakukan.

    Langkah pertama buka project map yang telah kita buat sebelumnya, kemudian buka file AndroidManifest.xml da pastikan anda sudah menambahkan uses permission dibawah ini :
<uses-permission android:name "android.permission.ACCESS_FINE_LOCATION"/>
 setelah ditambahkan, kemudian kita buka file Java Class yang sudah dibuat sebelumnya dan tambahkan koding dibawah ini :
public class exampleClass extends FragmentActivity { @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_map); LocationManager lm = (LocationManager) getSystemService(LOCATION_SERVICE); if (lm.isProviderEnabled(LocationManager.GPS_PROVIDER)){ Toast.makeText(this, "GPS is Enabled in your devide", Toast.LENGTH_SHORT).show(); }else{ showGPSDisabledAlertToUser(); } private void showGPSDisabledAlertToUser(){ AlertDialog.Builder alertDialogBuilder = new AlertDialog.Builder(this); alertDialogBuilder.setMessage("GPS is disabled in your device. Would you like to enable it?") .setCancelable(false) .setPositiveButton("Goto Settings Page To Enable GPS", new DialogInterface.OnClickListener(){ public void onClick(DialogInterface dialog, int id){ Intent callGPSSettingIntent = new Intent( android.provider.Settings.ACTION_LOCATION_SOURCE_SETTINGS); startActivity(callGPSSettingIntent); } }); alertDialogBuilder.setNegativeButton("Cancel", new DialogInterface.OnClickListener(){ public void onClick(DialogInterface dialog, int id){ dialog.cancel(); } }); AlertDialog alert = alertDialogBuilder.create(); alert.show(); } }

Berikut tampilan hasil dari koding yang telah kita tambahkan diatas :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda Berminat, Silahkan Tinggalkan Komentar